Categories
Penanggulangan Bencana

Pengertian Bencana dan Risiko Bencana

Apa yang dimaksud bencana dan juga risiko bencana?

Bencana dikenal di kalangan pekerja kemanusiaan dan pembangunan sebagai situasi ketika terjadi gangguan pada kehidupan masyarakat yang sangat besar dan berdampak luas. Gangguan tersebut menyebabkan mereka yang terdampak tidak dapat pulih kembali tanpa adanya bantuan dari orang lain dan biasanya berasal dari luar lingkungan yang terdampak.

Bencana seringkali menyebabkan hilangnya nyawa, infrastruktur dan berbagai aset lainnya. Bencana juga menyebabkan dampak pada kesejahteraan masyarakat, keamanan, kesehatan, dan mata pencaharian. Beberapa kejadian bencana memberikan dampak seketika dan ada pula yang dapat makin parah karena cara orang merespon bencana tersebut dan berupaya untuk pulih darinya.

Bencana menurut UU No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Sementara itu, risiko bencana adalah potensi kerugian dalam bidang kehidupan, kesehatan, mata pencaharian, aset, dan layanan yang dapat terjadi pada suatu masyarakat pada periode waktu tertentu.

Leave a Reply