Categories
Diary Refleksi

Keajaiban Kopi

Apa saja keajaiban dari kopi yang bermanfaat untuk hidup kita?

Terkadang hidup seperti semangkuk air panas. Hidup dapat melukai, membuat stres, dan menjadi sangat sulit.

Seringkali Anda akan berada pada satu lingkungan yang mengetes siapa diri Anda sesungguhnya. Lingkungan itu akan mengubah, memperlemah, dan memperkeras diri Anda.

Sekarang mari kita bayangkan sepotong wortel, telur, dan kopi ketika mereka dimasukkan dalam air yang mendidih.

Wortel akan menjadi lembek.

Telur akan mengeras.

Kopi di sisi lain akan mengubah lingkungannya, yaitu air yang mendidih.

Oleh karena itu, dalam hidup, tak peduli seberapa kerasnya atau seakan tak ada lagi pertolongan, janganlah menyerah.

Sadarlah, bahwa kita perlu menciptakan dunia bukan dari luar ke dalam. Namun, kita perlu menciptakan dunia dari dalam keluar.

Jika Anda berpikir sebagai sebuah wortel, maka Anda akan mempercayai kekuatan dan dorongan dari luar yang yang lebih kuat daripada diri Anda sendiri. Akhirnya, Anda pun akan menjadi sosok yang lemah.

Namun, jika Anda berpikir diri Anda adalah sebutir telur, maka Anda akan mempercayai berbagai hal negatif di dunia. Berbagai kekuatan yang akan mengeraskan hati Anda dan menyebabkan Anda pun bersikap negatif seperti dunia tempat Anda hidup.

Sementara itu, jika Anda berpikir diri sendiri sebagai bubuk atau biji kopi, maka Anda tak akan membiarkan dunia luar memengaruhi diri Anda.

Anda mengetahui, bahwa kekuatan dalam diri sendiri lebih besar daripada kekuatan-kekuatan lain di luar diri.

Dan dengan pemahaman itu, Anda akan mengubah dunia dan lingkungan dari dalam keluar.

Inilah pelajaran terbesar dalam hidup.

Namun, ternyata tak hanya sampai di situ.

Kita juga belajar, bahwa sangat mudah untuk melupakan pelajaran-pelajaran mengenai kehidupan ketika tekanan dan kondisi yang terjadi di sekitar kita demikian besar.

Ketakutan dan khawatir adalah kekuatan emosi terbesar yang mampu mengubah dan mengalihkan perhatian kita, serta kemampuan berpikir kritis.

Saat itu terjadi, ingatlah…. Kita dapat menjadi sebiji kopi yang biarpun digerus, tetapi pada akhirnya mampu mengubah lingkungan dari dalam keluar.

Saat ini, mungkin ada teman atau sahabat yang sedang mengalami kesulitan, maka ingatkanlah padanya mengenai biji kopi tersebut. Siapa tahu, dia akhirnya mampu keluar dari kesulitan dan masalah yang dihadapinya.

Leave a Reply