Categories
Review

Review Buku ‘Bagaimana Seseorang Memimpin dalam Krisis?’

Bagaimana pendapat seorang alumni Erasmus Rotterdam University terhadap buku ‘Bagaimana Seseorang Memimpin dalam Krisis?

Sumber: Google Play Books

Oleh: Aminingrum *)

Sebuah buku renungan tentang bagaimana seseorang memimpin dalam masa krisis? Karya Sridewanto Pinuji mengingatkan kembali saya akan pentingnya nyawa manusia dalam kemanusiaan.

Keputusan pemimpin dalam masa bencana haruslah cepat, tepat dan efektif untuk mengurangi dampak korban jiwa, kerugian ekonomi, kerugian infrastruktur, dan dampak psikologis terhadap masyarakat banyak.

Pemimpin harus mampu melihat ke atas, ke bawah dan ke samping untuk dapat memberikan kebijakan yang komprehensif terhadap semua aspek. Dalam menghadapi krisis tidak lagi melihat managemen kepemimpinan sebagai bussiness as usual tetapi kecepatan untuk mengelola sumber daya yang ada semaksimal mungkin dalam the World of VUCA (Volatily, Uncertainty, Complexity and, Ambiguity).

Lima dimensi pemimpin meta yang dideskripsikan dalam buku ini sangatlah penting menjadi perhatian.  Pemahaman tentang diri sendiri, pemahaman tentang situasi yang terjadi, pemahaman manajerial staf, pemahan mengenai garis komando, dan pemahaman berkolaborasi secara pentahelix dengan aktor lainnya.

Kelima dimensi memimpin saat krisis tersebut memberikan bekal kepada para pengambil keputusan tentang pentingnya kemampuan untuk jauh memandang ke depan dalam memberikan kepastian dan mengurangi dampak dari krisis seefektif mungkin.

Selain itu, dalam buku tersebut, dijelaskan contoh pengalaman pemimpin perempuan di ASEAN dalam penanggulangan bencana. Pemimpin perempuan dalam masa krisis memberikan keseimbangan gender bahwa perempuan dapat bertindak cepat dan efektif  dalam kegiatan kemanusiaan.

Dari segi penulisan, buku ini masih menggunakan beberapa istilah bahasa inggris dan mungkin akan susah bagi pembaca untuk memahami artinya dalam bahasa Indonesia.

Beberapa contoh pengalaman di bab akhir dituliskan seperti mengambang. Definisi krisis tidak disampaikan secara jelas, apakah krisis dalam masa bencana atau krisis akibat kebijakan yang salah.

Akhir kata, terhadap review buku tersebut, buku ini dapat dijadikan referensi bagi para pemimpin dalam bidang kemanusiaan baik dari NGO, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah.

*) Aminingrum adalah alumni Alumni Institute of Social Studies-Erasmus Rotterdam University

Leave a Reply