Diary English Kiat (Tips)

Langkah Pertama Belajar Bahasa Inggris

Picture from Pexels

Setiap kita memiliki riwayat masing-masing saat belajar Bahasa Inggris.

Saya misalnya, hanya punya sedikit waktu untuk belajar Bahasa Inggris secara formal. Dimulai dari SMP, SMA, kursus 2 bulan, dan kursus lagi 4 bulan. Jika ditotal, mungkin periode belajar Bahasa Inggris saya kurang dari 6 tahun.

Artinya, saya setara dengan anak native usia 6 tahun. Tak heran, maka saya mengalami banyak kendala, seperti vocabulary yang terbatas, grammar salah, dan style pun tak punya.

Namun demikian, syukurlah semesta mendukung saya dengan berbagai caranya dan saya pun mampu mengikuti pendidikan dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Lalu bagaimana cara saya bisa lulus dari pendidikan tersebut?

Izinkan saya berbagi beberapa cara yang saya tempuh agar bisa lolos saat pendidikan tersebut.

Dalam Bahasa Inggris, seperti juga bahasa lainnya, ada empat keterampilan yang harus dikuasai, yaitu berbicara, menulis, mendengar, dan membaca.

Jika diperhatikan, dua keterampilan dimaksudkan untuk menyerap informasi, yaitu mendengar dan membaca.

Sementara itu, dua lagi dimaksudkan untuk menyampaikan informasi, yaitu berbicara dan menulis.

Setiap kita, memiliki kelemahan dan kekuatan dalam penguasaan empat keterampilan tersebut. Misalnya, ada yang jago membaca, tetapi kurang pintar dalam mendengar. Kemudian ada yang piawai berbicara, tetapi kurang pandai dalam menulis.

Nah, langkah pertama yang perlu dilakukan untuk menguasai Bahasa Inggris menurut saya adalah dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan kita masing-masing.

Izin, saya kembali mencontohkan diri sendiri. Saya merasa nyaman untuk membaca dan berbicara. Namun, saya harus berjuang keras untuk mendengar dan menulis.

Setelah mengetahui kekuatan dan kelemahan, maka langkah selanjutnya adalah mencari strategi untuk meningkatkan keterampilan yang dirasa nyaman dan melakukan lebih banyak upaya untuk keterampilan yang masih dirasa kurang.

Nah, itulah langkah pertama. Langkah kedua, ketiga, dan selanjutnya mungkin bisa Anda temukan di tulisan lain di blog ini. Semoga saya tak lupa untuk membaginya di tulisan-tulisan berikutnya.

Oiya, Anda pun dapat berlangganan blog ini melalui kolom di bawah untuk mengetahui tulisan-tulisan terbaru.

Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply