Categories
Kiat (Tips)

Cara Meningkatkan Penampilan saat Virtual Meeting

Bagaimana meningkatkan penampilan saat harus bertatap muka di pertemuan daring?

Foto: Koleksi Pribadi

Di masa mencoba bekerja dari rumah, maka berbagai pertemuan, lokakarya, seminar, perkuliahan, dan lainnya diselenggarakan secara daring (online).

Barangkali Anda sudah akrab dengan bermacam aplikasi, seperti Zoom, Meet, Jitsi, dan lainnya.

Bisa jadi Anda juga selalu sibuk memerhatikan wajah sendiri di kotak-kotak kecil itu. Pada golongan ini, biasanya akan sangat memerhatikan penampilan di depan kamera.

Namun, sepertinya banyak juga orang yang tidak memerhatikan penampilannya di layar-layar kecil itu. Mereka memasrahkan penampilannya kepada kamera dan setelan laptop.

Akibatnya, secara tak sadar mereka dengan bangga memamerkan nostril alias lubang hidung ke khalayak ramai. Tak jarang, para pemirsa dan rekan sejawat juga menyaksikan beragam latar belakang (background).

Pemandangan tersebut tentunya bisa menjadi pengganggu (distraction) dan mengalihkan perhatian serta konsentrasi. Akibat selanjutnya, rapat dan pembahasan kita secara virtual tak akan maksimal, karena peserta sibuk dengan hal lain dan konsentrasinya terganggu.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan profesionalitas saat harus bertatap muka di pertemuan daring, maka langkah berikut barangkali bisa menjadi cara yang perlu ditempuh:

Rumus sederhananya adalah memerhatikan tampilan Anda di dalam layar. Untuk itu, Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan berikut:

  • Apakah hanya terlihat lubang hidung?
  • Apakah sudut pengambilan wajah Anda enak dilihat?
  • Apakah memberikan ruang yang seimbang untuk kepala dan bahu?
  • Apakah background Anda mendukung pesan yang ingin disampaikan?
  • Apakah background Anda tidak mengganggu konsentrasi?

Leave a Reply