Categories
Kepemimpinan Komunikasi

Kata-kata para Pemimpin Saat Krisis

Bagaimana cara pemimpin menggunakan kata-kata secara sangkil dan mangkus untuk menyampaikan pesan-pesannya?

Saat krisis terjadi dan tatap muka secara langsung sulit dilakukan, maka para pemimpin perlu menggunakan kata-kata secara sangkil dan mangkus.

Hal ini diperlukan untuk menyampaikan pesan secara akurat, mengurangi kesalahpahaman, dan menjaga kepercayaan.

Carmine Galo di Harvard Bussines Review memberikan saran praktik-praktik baik yang dilakukan oleh para pemimpin dunia, saat menyampaikan pidatonya di masa krisis ini.

  1. Ganti kalimat yang panjang dengan yang singkat. Gunakan pula kalimat sederhana dan menghindari jargon-jargon yang sulit dimengerti dan membuat pusing.
  2. Gunakan analogi, karena otak manusia lebih mudah menangkap maksudnya. Misalnya, penyebaran virus, seperti menjalarnya api pada saat kebakaran hutan dan lahan. 
  3. Jadikan krisis isu personal, sebab otak manusia terhubung dengan cerita manusia-manusia lainnya. Barangkali cerita para tenaga kesehatan yang berjuang menolong pasien bisa menjadi salah satunya.
  4. Gunakan aturan 3, yaitu membatasi pesan, arahan, dan informasi dalam tiga poin saja. Hal ini perlu dilakukan, karena otak manusia hanya mampu mengingat sedikit hal dalam waktu singkat.

Demikianlah saran bagi para pemimpin saat menggunakan kata-kata di masa krisis.

Apakah Anda punya jurus lainnya?

Sumber dari HBR

Leave a Reply