Kepemimpinan

Perubahan Diri Seorang Pemimpin Saat Krisis

Krisis yang terjadi, seperti pandemi Covid-19, dapat mengubah diri kita dan juga pemimpin.

Saat krisis tersebut terjadi, reaksi kita pun berubah-ubah sesuai dengan zona waktu yang kita masuki. Kemudian, hal itu akan menentukan akan seperti apa diri kita nanti.

Zona Takut

Saat awal terjadinya krisis, kita memasuki zona takut. Periode ini ditandai dengan beberapa hal.

Pertama, kita mencari dan membagikan berbagai informasi yang berkaitan dengan Covid-19. Kemudian kita mudah terusik dengan berbagai berita yang tidak sesuai dengan kepercayaan kita sendiri.

Seringkali kita juga melakukan panic buying atau membeli berbagai barang didorong karena rasa panik dan mengikuti orang lain. Di berbagai media kita membaca dan melihat bagaimana orang-orang menimbun tissue toilet, makanan, dan obat-obatan yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Yang paling umum adalah kita bertindak sebagai korban dan mulai menyalahkan berbagai pihak.

Zona Belajar

Zona berikutnya setelah masa takut adalah masa belajar yang ditandai dengan kemampuan kita untuk mengontrol beberapa hal.

Misalnya kita membatasi diri untuk mengkonsumsi berita dan informasi yang menyebabkan ketakutan. Kita berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman yang justru menyebabkan sakit.

Seiring dengan perubahan gaya hidup karena situasi, seperti bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah, maka kita pun mulai menyesuaikan diri dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Muncul pula kesadaran bahwa orang lain juga melakukan upaya-upaya terbaik yang dapat mereka lakukan, sementara pada saat yang sama kita semua menghadapi kesulitan di saat yang kompleks ini.

Setelah itu, kita pun mulai mencari-cari peluang dari situasi yang sedang tidak menentu ini.

Zona Pertumbuhan

Tahap terakhir setelah masa ketakutan dan belajar adalah pertumbuhan diri kita.

Pada masa ini, kita lebih banyak memikirkan orang lain dan apa yang bisa kita lakukan untuk menolong mereka yang membutuhkan.

Kita fokus untuk hidup saat ini dan memiliki gambaran jelas apa yang akan terjadi nanti. Kesadara ini muncul karena kita tidak sedang berada di ruang tunggu atau di ruang antara.

Inilah kehidupan, kesadaran kita memberi tahu dan memandu akan seperti apa waktu-waktu yang kita jalani ini.

Pertumbuhan diri ini pun ditandai dengan kesadaran untuk melakukan apresiasi dan mensyukuri berbagai hal yang terjadi dalam hidup kita.

Leave a Reply