Categories
Komunikasi

Komunikasi: Penentu Keberhasilan dan Kegagalan Dunia Usaha Saat Krisis

Apa yang menyebabkan keberhasilan dan kegagalan dunia usaha saat krisis?

Ada beberapa jenis usaha atau bisnis yang sangat berisiko menghadapi krisis. Misalnya sektor energi, penerbangan, kesehatan, transportasi, dan lainnya.

Pada perusahaan yang mengalami atau menghadapi suatu krisis dapat berakhir pada dua hal: berhasil atau gagal.

Apa yang menyebabkan keberhasilan dan kegagalan tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, perlu diketahui bahwa keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan dapat terjadi karena krisis yang terjadi di dunia atau dalam perusahaan itu sendiri.

Misalnya saja manakala terjadi bencana atau penyebaran wabah penyakit, maka perusahaan dapat mengalami krisis yang pada gilirannya mengganggu keberlangsungan usaha.

Ilustrasi lain dapat berasal dari kegagalan dalam perusahaan tersebut, misalnya terjadi pelanggaran kode etik oleh karyawan yang menjadi pemberitaan luas, rusaknya nama baik perusahaan, hingga terjadi kecelakaan kerja.

Semua kondisi tersebut, jika tidak mendapat perhatian serius dan segera ditangani akan mengganggu keberlangsungan hidup suatu perusahaan.

Para pebisnis yang berhasil melewati krisis memiliki beberapa langkah antisipasi dan tindakan-tindakan tertentu untuk menanggulangi krisis tersebut.

Tindakan dan langkah antisipasi tersebut di antaranya adalah:

  • Persiapan
  • Kepemimpinan
  • Aksi
  • Komunikasi
  • Sensitivitas

Jika perusahaan atau dunia usaha menerapkan langkah tersebut, maka kemungkinan besar mereka mampu dan berhasil melewati dan menghadapi krisis.

Leave a Reply