Refleksi: Empat Prinsip Kerja Kemanusiaan

Pertama adalah humanity: manusia yang menderita karena konflik harus dibantu di mana pun terjadinya. Bantuan kemanusiaan harus mampu melindungi manusia, menjaga kesehatan, dan menjaga harkat, martabat, serta kehormatan manusia.

Kedua adalah imparsiality: kerja kemanusiaan harus berdasarkan pada kebutuhan, memprioritaskan pemenuhan kebutuhan mereka yang terdampak tanpa membedakan kebangsaan, ras, gender, agama, atau pandangan politik.

Ketiga adalah neutrality: kerja kemanusiaan tidak memihak atau berafiliasi dengan kontroversi politik, ras, ideologi, dan agama.

Keempat adalah independence: kerja kemanusiaan haruslah otonom dan bebas dari kepentingan politik, ekonomi, militer, yang mungkin dianut oleh petugas kemanusiaan di area di mana kerja kemanusiaan tersebut dilakukan.


Saya sebenarnya ingin meneriakkan dan memggaungkan imparsiality dan neutrality. Sayang, saya belum tahu caranya.

Saya juga belum tahu, bagaimana menyadarkan sesama manusia, bahwa kita semua sebenarnya sama, bersaudara, dan saling terhubung.

Setidaknya kita menghirup dan berbagi udara yang sama tanpa memandang perbedaan kebangsaan, agama, ras, kelas, ideologi, atau pilihan bubur diaduk atau tidak.

Maafkan saya, karena mungkin kurang keras berusaha….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: