Penanggulangan Bencana: Yang Perlu Dilakukan Saat Terjadi Bencana

Masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan bencana perlu memiliki pengetahuan dasar dalam menghadapi bencana. 

Dalam tahap pra bencana, pengetahuan tersebut berkaitan dengan cara-cara melakukan penanggulangan bencana, seperti merespon peringatan dini hingga melakukan proses evakuasi. 

Selain itu, khusus bagi dunia usaha, perlu memiliki Rencana Keberlangsungan Usaha (RKU) untuk meminimalkan dampak ekonomi yang mungkin muncul akibat suatu kejadian bencana. Hal ini, misalnya dapat dilakukan dengan memiliki asuransi atau tabungan sebagai cadangan ketika terjadi bencana. Dimilikinya asuransi dan tabungan akan menjamin usaha masyarakat tidak langsung ambruk. Kedua hal tersebut juga menjaga keberlangsungan pertumbuhan ekonomi meskipun bencana terjadi.

Sementara itu, pada saat bencana terjadi, hendaknya masyarakat selalu berpedoman kepada regulasi dan edukasi PRB. Misalnya, mempraktikkan perlindungan dasar ketika terjadi gempa, yaitu dengan berlindung di bawah meja serta bergegas menuju titik evakuasi yang sudah ditentukan sembari menunggu perintah dan arahan dari pihak yang berwenang. 

Di tahap pascabencana merupakan masa pemulihan, yaitu secara  secara psikologis maupun secara ekonomi, rehabilitasi, dan melakukan rekonstruksi infrastruktur maupun pada pemukiman warga. Tujuan utama tahap ini adalah untuk memulihkan kembali kehidupan dan penghidupan warga terdampak setelah terjadinya suatu bencana. 

Sumber: ‘Menghadapi Bencana’ dengan perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: