Review: Human

Apa yang membuat kita menjadi manusia?

Tontonlah Human dan Anda akan mengetahui jawabannya.

Bagaimana kalau otak saya tercuci dan memandang orang lain sebagai ancaman?

Tontonlah Human dan belajarlah kembali tentang keberagaman dan menerima orang lain apa adanya.

Menonton Human mengingatkan kita semua bagaimana menjadi seorang manusia yang mesti hidup di tengah beragamnya perasaan.

Pelajaran tentang cinta.

“Saya belajar tentang cinta dari seorang Nenek yang putri dan cucunya saya bunuh.” Kata seorang pembunuh ke hadapan kamera.

Pelajaran tentang maaf dan dendam.

“Saya melihat putri saya meninggal karena ledakan bom.” Kata seorang ayah dari Palestina yang memutuskan tidak akan membalas dendam dan memutus rantai kebencian cujup sampai dirinya.

Padahal seorang temannya berkata, “Kamu kan bukan Tuhan yang Maha Memaafkan.” Lalu, Sang Ayah itu pun berkata, “Saya juga bukan instrumen Tuhan yang membalas dendam dan mencabut nyawa orang lain.”

Pelajaran tentang LGBT dan Ketakutan.

“Saya sudah tahu kalau saya menyukai perempuan dan sangat takut menyampaikan hal itu kepada Nenek.” Kata seorang perempuan yang kebingungan karena keadaannya dan menurutnya itu bukan penyakit, sehingga dokter pun tentu tidak akan bisa menyembuhkannya.

“Akhirnya, saya meminta seorang teman cowok untuk berpura-pura menjadi pacar saya. Namun, dia malah memperkosa dan menularkan HIV kepada saya.”

Pelajaran tentang Komsumtif.

“Dari semua barang yang kita beli, bukan masalah uangnya. Namun, berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk mencari uang tersebut dan mengabaikan berbagai hal terpenting dalam hidup, seperti keluarga.” Kata seorang Presiden di Amerika Selatan yang mengkampanyekan hidup sederhana.

Selain pelajaran-pelajaran di atas, Human pun menyampaikan banyak hal dari setiap wajah yang direkam. Misalnya, apa ketakutan terbesar dalam hidup, apa tujuan hidup, dan masih banyak lagi.

Silakan saksikan Human dan kembali menjadi manusia….

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: