Kebijakan: Media Sosial dan Humas Pemerintah

Beberapa peran media sosial untuk Humas pemerintah di antaranya adalah:

Pertama, media sosial menjaga dan meningkatkan reputasi lembaga serta menggali aspirasi publik. 

Kedua, media sosial adalah media interaktif, sehingga harus dapat dimanfaatkan oleh humas untuk lebih dekat dengan publik. Humas dengan demikian perlu mengikuti ritme media sosial, dapat berkomunikasi secara langsung, dan memberikan respon dengan segera. 

Ketiga, media sosial adalah dokumentasi online. Mengingat sifatnya yang terbuka dan bergesernya privasi, segala macam yang disajikan di sana akan terekam oleh mesin pencari dan dapat dijadikan bukti yang berkekuatan hukum. Dalam hal ini, seorang humas harus mengetahui informasi apa yang patut dan tidak patut disampaikan kepada publik serta bagaimana menyampaikannya. 

Keempat, media sosial menjangkau publik yang sangat luas, sehingga diperlukan pemahaman dalam penyebaran informasi dan cara berkomunikasi lintas budaya. Humas juga harus mampu menjaga keseimbangan antara peran media komunikasi online dengan komunikasi langsung dengan publiknya, terutama publik internal yang secara fisik dan geografis sangat dekat. 

Selain itu, manfaat lain dari media sosial bagi pemerintah di antaranya adalah untuk:

  • Mendorong efisiensi pemerintahan, menjangkau khalayak yang lebih luas, dan membantu proses analisa data.
  • Memulihkan kepercayaan masyarakat yang turun melalui komunikasi yang lebih personal dan komunikatif. 
  • Menghadapi perkembangan zaman, sehingga pemerintah tidak gagap dalam mengatasi masalah yang akan muncul di kemudian hari. 
  • Sarana komunikasi di saat krisis dan bencana alam karena publik sangat bergantung pada media sosial terutama ketika peristiwa yang menyangkut nyawa. Bagi pejabat pemerintah, media sosial harus memainkan peran yang jelas dalam strategi komunikasi krisis mereka.

Sumber: Buku ‘Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: