Kiat: Menjalani Senin dengan Memanfaatkan Akhir Pekan

“I hate Monday!”

Hampir semua pekerja yang hari kerjanya diawali dari Senin hingga Jumat membenci datangnya hari Senin.

Salahkah hari Senin yang datang sesuai waktunya?

Jangan-jangan, bukan hari Senin yang keliru, tetapi kita yang salah memanfaatkan akhir pekan.

Di sebuah artikel yang saya baca, disarankan untuk memperlakukan akhir pekan seperti sebuah piknik singkat.

Bagi yang tinggal di Jakarta, piknik singkat pun sulit untuk dilakukan karena berbagai alasan. Misalnya karena kemacetan yang menghalangi warga Jakarta untuk piknik terlalu jauh.

Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Pertama tentu memberikan waktu untuk diri kita, misalnya dengan tidur lebih banyak, mengerjakan tugas rumah lebih sedikit, atau makan lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, memberikan waktu untuk diri kita juga dapat dilakukan dengan melakukan pekerjaan rutin seperti biasa, tetapi dengan cara yang lebih menyenangkan. Hal ini dapat dilakukan misalnya saat mencuci sambil mendengarkan musik yang agak keras.

Kedua adalah dengan memperlambat segala hal. Bagi yang biasanya melewatkan pagi dengan tergesa bisa sedikit santai. Menikmati sekitar, menyapa tetangga, mengesampingkan gawai adalah beberapa pilihan lainnya.

Namun, perlu diingat, bahwa perlakuan akhir pekan seperti di atas perlu juga dibatasi sesekali atau dengan variasi. Sebab, manakala sudah menjadi rutinitas, maka efeknya pun tidak akan ampuh lagi.

Oh iya, ini yang agak menantang, yaitu bagi penyuka tayangan olah raga. Tayangan di minggu malam dan prestasi tim favorit seringkali juga mempengaruhi mood di Senin pagi. Pastikan tim yang Anda dukung sering menang, atau perasaan akan gundah tiap hari Senin datang.

Selamat menjalani hari Senin….

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: