GIS: Mengenal Persoalan Geografi

Pengetahuan kewilayahan sangat penting karena beberapa alasan berikut ini: 

Pertama, hampir segala peristiwa yang terjadi memerlukan tempat kejadian. Mengetahui lokasi terjadinya sesuatu, menjadi hal yang sangat penting. Sebab, sebagian besar aktivitas manusia terjadi di permukaan atau di dekat permukaan.

Mengetahui lokasi terjadinya suatu hal sangat penting jika kita ingin ke lokasi tersebut seorang diri, atau saat mengirim orang ke sana untuk mendapatkan informasi, atau menyampaikan informasi ke warga di lokasi.

Kedua, hampir semua kebijakan yang diambil oleh pemerintah memiliki konsekuensi geografis. Contohnya, penentuan lokasi tambang akan memengaruhi kondisi sekitar.

Oleh karena itu, informasi geografis memiliki nilai penting. Hal itu berkaitan dengan keterangan atau atribute yang berhubungan dengan aktivitas, kebijakan, strategi, dan perencanaan.

Sistem informasi geografis adalah sistem informasi khusus yang menelusuri bukan hanya kejadian, aktivitas, dan informasi lain, tetapi juga keterangan di mana kejadian, aktivitas, dan informasi lain tersebut terjadi.

Informasi lokasi sangat penting dan menjadi isu yang harus diselesaikan oleh setiap umat manusia. Namun, beberapa di antara kita sudah sangat terbiasa, sehingga kita tidak sadar mengenai pentingnya persoalan lokasi tersebut. 

Di sisi lain, isu lokasi tersebut bisa menjadi sangat khusus dan memerlukan respon yang cepat dan konkrit. 

Berawal dari isu lokasi, kemudian solusi untuk menyelesaikan isu tersebut, atau pada persoalan itu sendiri dinamakan persoalan geografi. Contoh-contoh persoalan geografi di antaranya adalah, pemerintah menyelesaikan persoalan geografi ketika menentukan jalur baru untuk jalan tol dan sekaligus menciptakan persoalan baru.

Jika semua persoalan yang berkaitan dengan lokasi adalah persoalan geografi, maka bagaimana membedakan satu dengan yang lain?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: