Kuliah: Menulis Essay Bagian Pertama

Salah satu tugas yang sering siswa terima saat sekolah di Australia adalah menulis essay.

Dari pihak universitas sering menyebutnya sebagai academic writing. Ini adalah tulisan khusus yang berbeda dengan tulisan populer.

Perbedaan utamanya adalah setiap pendapat yang kita sampaikan harus memiliki atau berdasarkan satu hal yang sudah baku.

Misalnya, kita tidak bisa bilang demokrasi bagus tanpa ada penjelasan di belakangnya. Nah, penjelasannya ini berasal dari berbagi ahli yang ditulis di jurnal ternama, dari pengujian di laboratorium, atau pengumpulan data lapangan melalui survey atau quesioner.

Tulisan akademik juga memiliki kaidah tertentu dalam penyajiannya. Misalnya terdapat pandahuluan, kemudian ada pembahasan, hingga kesimpulan.

Hal yang sulit barangkali adalah memenuhi semua kriteria, mulai dari mencari ide, mencari daftar pustaka, mencari bukti-bukti ilmiah dari pengujian, percobaan, dan metode lainnya.

Setelah itu, kesulitan lainnya adalah saat menggabungkan semua bahan itu menjadi satu tulisan utuh yang sesuai kriteria satu tulisan akademik.

Kenapa harus begitu repot dalam menyusun satu tulisan akademik? 

Bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menyusun satu tulisan akademik?

Apa manfaat dari menulis essay?

Jika tidak ada aral melintang, saya akan menuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan itu di postingan terpisah di blog ini. Silakan pantau terus untuk mendapatkan jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: