Kiat: Mencatat

Beberapa waktu lalu saya diminta Pak Bos untuk berbagi kiat dalam mencatat dan menulis. Mumpung ada waktu, maka saya coba menguraikannya. Semoga uraian berikut ini bermanfaat.

Kenapa perlu mencatat?

Saya sangat pelupa, sehingga harus mencatat.

Setiap orang sebenarnya memiliki cara masing-masing untuk mengingat. Sebagian besar mengandalkan otaknya.

Sayangnya, kapasitas otak manusia sangat terbatas. Seperti kapasitas memori di hape, maka suatu ketika otak pun akan penuh.

Nah, saya kemudian memerlukan bantuan kertas dan pena untuk membuat berbagai catatan.

Apa manfaat mencatat?

Pertama tentu membantu otak untuk mengingat berbagai informasi yang kita terima. Di tengah banjir informasi setiap hari seperti sekarang, otak kita akan cepat penuh, kemudian lelah, dan akhirnya banyak hal penting yang dilupakan.

Kedua, catatan tersebut menjadi bahan untuk tulisan atau laporan. Ini tentu sangat bermanfaat nantinya jika ditagih laporan atau diminta membuat tulisan.

Bagaimana cara mencatat?

Lagi-lagi setiap orang memiliki gayanya sendiri. Ada yang membuat mind map, gambar-gambar berisi tulisan yang saling terhubung dengan garis.

Saya sendiri memilih membuat daftar (list) dalam catatan. Setiap poin berisi satu hal penting yang disampaikan pembicara.

Kelebihan mind map adalah hubungan satu topik dengan yang lain lebih terlihat. Sementara untuk metode daftar, kelebihannya adalah urutan poin yang disampaikan pembicara lebih terlihat.

PR kita kemudian adalah mencari metode terbaik untuk mengingat, apakah itu cukup dalam ingatan di otak atau perlu dituangkan di kertas menjadi catatan dengan metode mind map atau daftar.

Selamat merenung., berikutnya mungkin mengenai menulis. Semoga berkenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: