Kiat: Ketika Kita Tidak Produktif

Satu saat, bisa saja kita sama sekali tidak produktif. 

Pernah dalam tiga hari berturut-turut saya hanya menonton film seri secara maraton.

Minggu-minggu ini, saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game strategi di handphone. 

Sebenarnya saya juga menyadari, bahwa hal itu bertentangan dengan tujuan hidup saya, yaitu untuk menginspirasi dan bermanfaat untuk orang lain. 

Namun, terkadang itu terjadi juga ketika kita tidak produktif dan hanya menghabiskan waktu untuk hal yang tidak berguna. 

Setelah saya merenung, ternyata menghabiskan waktu itu perlu juga kita lakukan. Hal ini bermanfaat untuk mempelajari hal baru. Dalam kasus saya, pelajaran itu bisa datang dari bermain game atau menonton film seri. 

Sebagai contoh, saya belajar untuk berusaha keras meraih impian dari film seri The Viking. Selain itu, saya juga belajar strategi dan terutama bersabar serta membuat prioritas dari game. 

Pendek kata, ternyata ada juga hal yang bisa dipelajari dari sesuatu yang seakan-akan hanya membuang-buang waktu semata. 

Berikut ini beberapa saran yang barangkali berguna jika kawan-kawan ingin membuang-buang waktu tetapi bermanfaat. 

1. Tahu Waktu

Ini yang biasanya sulit dan tidak disadari oleh kita karena tahu-tahu kita sudah demikian banyak membuang waktu. 

Menyadari waktu yang berjalan membuat kita tetap fokus untuk melakukan hal lain yang membutuhkan prioritas, seperti untuk pekerjaan atau keluarga. 

2. Tahu Diri

Ada beberapa film atau game yang setelah menonton atau memainkannya ternyata tidak sesuai dengan selera saya. Hal ini terjadi karena cerita yang ditawarkan, keahlian yang diperlukan, dan waktu yang diminta terlampau banyak. 

Jika itu terjadi, maka kita perlu tahu diri dengan cara membatasi diri untuk berhenti menonton atau memainkan game dan berganti ke film atau permainan lain yang lebih sesuai. 

Berhenti menonton film yang kurang menarik, berhenti membaca buku yang tidak menimbulkan minat, menghentikan bermain game yang terlampau banyak menyita waktu bukanlah suatu aib. 

Kita punya kuasa untuk menekan tombok stop, menutup buku, atau uninstall game. 

3. Tahu Manfaat

Seiring berjalannya waktu saat kita menonton, membaca, atau memainkan game, maka kita pun mesti mencari tahu: 

a. Apa hal yang bermanfaat?

b. Apa pesan yang dapat dibagikan ke orang lain? 

Dengan melakukan tiga ‘tahu’ itu, maka semoga kita tidak akan terlalu banyak menghabiskan waktu percuma. Namun yang lebih penting adalah tahu juga bagaimana mengambil manfaat dari hal yang tampaknya tidak bermanfaat seperti menonton film seri atau bermain game. 

2 Responses

  1. Terkait baca buku. Dulu aku berusaha untuk selalu menamatkan semua buku yang aku baca, meski buku tersebut tidak menarik sekalipun. Tidak efektif dan tidak terasa manfaatnya karena aku jadi malas-malasan baca dan sungguh membuang waktu. Tetapi sekarang aku sudah tidak ragu untuk langsung menutup buku yang aku rasa tidak menarik atau bahasanya terlalu njelimet sampai membuatku pusing. Mending baca buku yang lain yang lebih menarik. Aku jadi semangat, waktu membaca jadi lebih singkat, dan jadi lebih efektif kan. Hihi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: