Refleksi: Jagung dalam Bakwan Sayur

Selalu ada kejutan dalam setiap tikungan kehidupan (Pixabay)

Saya kurang menyukai bakwan jagung dan lebih memilih bakwan sayur.

Tempo hari, di warung nasi uduk langganan, saya memilih lauk bakwan sayur. Namun, ternyata ada jagung yang diselipkan di bakwan sayur tersebut.

Hal itu tentu saja membuyarkan harapan saya akan rasa bakwan sayur yang original. Rasa yang didominasi asin, namun karena ada jagung di sana, maka mendadak ada pula manis yang ikut dikecap.

Dalam hidup, itu pula yang kerap terjadi. Harapan tidak selalu sesuai dengan kenyataan, seperti jagung yang terselip ke dalam bakwan sayur. Ada manis yang mendadak terasa dalam hal yang seharusnya asin.

Hal ini, sesuai dengan petuah bijak dari Ndoro Kakung, selalu ada kejutan dalam setiap tikungan kehidupan.

Kekuasaan yang dinikmati, bisa mendadak berubah menjadi jeruji besi. Keharmonisan rumah tangga yang dirawat, bisa tiba-tiba berubah menjadi hubungan yang gawat. Kawan seiring sejalan, bisa secara mengejutkan menjadi lawan yang menikam karena berbeda kepentingan.

Seperti berkendara, pelan-pelan dan hati-hati ketika menikung, sebab kita tak selalu tahu apa yang akan ditemui dan menghadang di depan. Apa yang terjadi pada orang lain, tak menutup kemungkinan bisa pula menimpa diri kita.

Waspadalah!

#reflection #lessonslearned #lifelessons

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: