Kiat: Manakala Content Marketing Menjadi Membosankan

Bagi seorang blogger yang juga berkecimpung di bidang content marketing, maka tentu sudah akrab dengan para guru seperti Neil Patel, Copy Blogger, atau Peg Fitzpatrick.

Mereka senantiasa memberikan arahan, bagaimana membuat tulisan yang menarik untuk menawarkan suatu produk.

Permasalahannya, rumus-rumus yang diberikan cenderung sama, kalau pun terdapat perbedaan, maka itu hanya sedikit sekali.

Sebagai contoh, mereka akan menyarankan untuk mencari keywords berdasarkan google adwords, memantau traffic di blog dengan google analytics, menggunakan bullet point, membubuhkan bilangan pada judul dan lainnya.

Hasilnya, kerap kita temukan tulisan di blog dengan pola yang mirip.

Contoh mudahnya, saat Anda menjumpai satu tulisan dengan judul ’10 Langkah Mudah Menulis Blog’, maka ini berarti tulisan tersebut sedang mengetrapkan jurus yang diberikan oleh para guru di atas.

Apa permasalahan yang kemudian muncul?

Dampak dari penerapan jurus tersebut dalam sebuah tulisan blog bisa jadi tidak terasa, namun begitu diterapkan oleh banyak blogger yang dengan jurus serupa, maka ada kesan keseragaman. Hasil akhirnya adalah kebosanan yang muncul di kalangan pembaca blog.

Bagaimana mengatasi persoalan tersebut?

Sayangnya tidak ada jawaban yang mujarab untuk mengatasi kebosanan seseorang.

Namun, saya percaya pembaca blog menginginkan sesuatu yang orisinil. Artinya cerita tentang Anda, apa saja yang terjadi pada Anda, kisah dari Anda yang bisa jadi menarik dan memiliki kesamaan dengan pembaca, yang pada gilirannya akan menyentuh perasaan mereka.

Oh iya, di blog ini pun pernah menerapkan jurus-jurus content marketing seperti yang sudah disebutkan di atas. Maaf ya kalau jadi membosankan.

Credit Picture: Pixabay


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *