Mencari Ide Kreatif

Apakah Anda sering merasa kesulitan menemukan ide? Kalau jawabannya, ‘ya’, maka barangkali Anda perlu membaca tulisan ini sebagai panduan untuk mencari ide.

Yann Girard membagikan kisahnya dalam rangka mencari ide. Berikut ini ringkasannya untuk Anda.

Apa pun itu profesi Anda, sebagai penulis, penggambar, pewarta, pendesain, petani, dan yang lainnya, maka Anda akan selalu berkutat dengan ide-ide.

Namun, seringkali seseorang menjadi putus asa karena ide yang diharapkannya tak kunjung datang.

Mencari Ide

Sebenarnya, ide-ide itu tak akan datang begitu saja dengan sendirinya.

Apa pun ide yang Anda harapkan, entah itu mengubah peruntungan pribadi, mengubah orang lain, atau mengubah dunia. Penantian sebuah ide adalah sama dengan membuang waktu sia-sia, sebab penantian itu tidak akan membuahkan ide.

Ide adalah tentang pencarian.

Pencarian itu dapat Anda mulai dengan melakukan tindakan, perencanaan, pengumpulan informasi, dan kemudian dilanjutkan dengan latihan.

Sebagai contoh saat Anda berkencan dengan seseorang yang disukai. Anda tidak bisa diam dan menunggu seumur hidup pria atau wanita yang diimpikan tersebut. Sebaliknya, Anda perlu melangkah untuk mewujudkan keinginan itu. Misalnya saja membuat janji bertemu di satu tempat tertentu dan pada waktu yang khusus pula.

Setelah itu, Anda pun perlu tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kencan berlangsung. Sebagai tambahan, Anda juga perlu mempelajari apa yang boleh dikatakan dan apa yang tidak.

Hal yang tidak boleh dilupakan apabila Anda benar-benar ingin memperoleh ide tersebut adalah waktu yang diperlukan, kesabaran yang mengiringi, dan latihan yang tak berkesudahan.

Dengan melakukan semua hal ini, maka Anda akan benar-benar siap manakala ide datang.

Ada satu masa ketika satu ide melintas di kepala, namun karena kurang latihan, maka ide tersebut hanya selintas lalu dan kemudian menghilang.

Oleh sebab itu, maka setelah latihan, tugas Anda selanjutnya adalah menyebarluaskannya, melakukannya, menunjukkannya kepada dunia. Harapannya, bila nanti ada ide lain yang melintas di kepala, Anda dapat menangkapnya.

Namun, Anda pun harus berani untuk menerima kegagalan.

Hal ini disebabkan karena kegagalan sejatinya adalah sebuah langkah untuk mendekati kebenaran.

Ketidakberhasilan juga berarti menyiapkan diri apabila ada ide besar yang muncul pasca kegagalan tersebut, ide yang barangkali akan mengubah hidup Anda selamanya.

Jika ada yang masih ingin ditanyakan, maka silakan diisikan di kolom komentar atau berteman dengan saya di jejaring Facebook, atau Twitter.

Terima kasih banyak dan jangan lupa dibagikan ke kolega Anda jika dirasa tulisan ini bermanfaat.

Salam hangat,

Goop

Credit Picture: Pixabay and Copyblogger


 

2 Replies to “Mencari Ide Kreatif”

  1. Salam mas

    Mencari Ide memang gampang gampang susah, terkadang kita bisa memerlukan beberapa hari dalam mencari Ide, menurut saya pribadi dalam mencari Ide kita harua mengetahui terlebih dahulu apah yang harus kita lakukan dan apa yang kita inginkan. Dengan demikian kita akan mendorong otak kita untuk menuju hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *