Tips Fotografi Essay dengan Steller

Pertama kali mengetahui Steller adalah dari kawan-kawan di Twitter. Mereka heboh karena baru saja bergabung dengan layanan aplikasi ini. Agar kekinian, saya pun tak ingin ketinggalan untuk ikut serta dalam gempita Steller tersebut.

Bagi Anda yang suka dengan fotografi, maka sudah selayaknya ikut serta bermain-main dengan Steller. Di sana, tidak hanya menampilkan foto atau video, namun lebih dari itu. Anda bisa menggabungkan foto atau video yang dimiliki dengan cerita. Steller kemudian menjadi ‘photo essay’. Dari tulisan Ndoro Kakung photo essay adalah gabungan antara fotografi dan jurnalisme.

Lalu, bagaimana bermain-main dengan Steller?

This is my Steller
https://steller.co/unclegoop/

Berikut ini beberapa saran yang saya dapatkan dari berbagai tautan yang disediakan oleh Ndoro di blog-nya.

5 Saran untuk membuat fotografi essay

  1. Temukan Topik

Topik di sini adalah keseluruhan cerita yang ingin Anda sampaikan di Steller. Topik tersebut bisa jadi mengenai perjalanan yang Anda lakukan, restauran yang Anda sukai, kehidupan orang yang Anda potret, atau berbagai hal menarik lainnya. Tak lupa, topik ini pun bisa jadi berbagai karya fotografi atau video Anda.

  1. Lakukanlah penelitian

Agar cerita Anda lengkap, maka tidak ada salahnya melakukan penelitian tentang topik yang ingin diceritakan. Katakanlah Anda ingin membuat foto essay tentang seorang tokoh, maka alangkah lebih baik apabila Anda mengetahui latar belakang tokoh tersebut. Ini berarti bukan saja foto atau video yang bersangkuta, namun juga lingkungannya, orang sekitar, dan berbagai hal yang terkait lainnya.

  1. Temukan sisi unik dari cerita Anda

Dalam satu rangkaian cerita, akan sangat menarik apabila Anda menyajikan satu kejutan, keunikan, atau apa pun itu yang membuat cerita Anda menonjol. Ini bisa saja sebuah foto yang ‘berbicara’, atau kata-kata yang menginspirasi. Pendek kata, rangkaian foto di Steller bukan sekadar deretan foto, namun ada ‘sesuatu’ yang ingin disampaikan di sana.

  1. Sentuh perasaan pengikut Anda

Seperti layanan social media lainnya, maka setelah bergabung dengan Steller, Anda akan memilki banyak pengikut. Satu trik untuk menarik perhatian adalah dengan menyentuh perasaan mereka. Kemarahan, kesenangan, takut, tersiksa, adalah contoh-contoh tema yang bisa Anda kembangkan lebih lanjut.

  1. Rencanakan foto

Sebelum mulai memotret, barangkali akan sangat bermanfaat apabila Anda melakukan perencanaan terlebih dahulu. Katakanlah memotret dan membuat cerita tentang kunjungan Anda ke museum, maka tidak ada salahnya jika sebelum berangkat Anda sudah merangkai cerita terlebih dahulu. Hal ini nantinya bisa menjadi panduan saat Anda melakukan pemotretan. Harapannya, cerita yang dihasilkan pun akan lebih bagus dan terjalin rapi.

Lima hal tersebut di atas adalah beberapa dasar untuk membuat fotografi essay di Steller. Kalau Anda masih ingin belajar, maka saya sarankan jangan beranjak terlebih dahulu, karena masih ada saran untuk fotografi essay lebih serius yang saya dapat dari sini.

  1. Objek foto Anda adalah hal yang paling penting dari seluruh rangkaian cerita.
  2. Warna, kontras, dan berbagai parameter fotografi lainnya adalah perangkat yang bisa Anda gunakan agar cerita dapat mengalir dengan lancer.
  3. Jangan kecewa bila saat memotret ternyata situasi di lapangan berbeda dengan yang Anda bayangkan. Bisa jadi Anda malah menemukan cerita yang lain, yang baru, dan tidak kalah menariknya.
  4. Foto Anda adalah penolong untuk jalannya cerita, bisa jadi setelah melakukan beberapa kali pemotretan justru ditemukan satu rangkaian cerita baru yang sama sekali berbeda dengan rencana semula.
  5. Teruslah memotret hingga Anda mencapai tujuan, namun jangan lupa selalu menambahkan berbagai foto yang terkait. Lebih baik kelebihan foto daripada kekurangan foto. Sebagai contoh, saat Anda memotret binatang, maka berbagai hal menarik lain di sekitar binatang itu pun dapat menjadi bagian tak terpisahkan dari kisah binatang yang menjadi peran utama dalam cerita Anda.
  6. Minta bantuan kepada orang lain untuk hasil akhir yang maksimal. Bertanyalah kepada mereka yang sangat tertarik dan mereka yang sama sekali tidak tertarik. Bisa jadi pendapat mereka akan sangat bermanfaat untuk proyek Anda.
  7. Setelah selesai dan diunggah ke Steller, Anda pun memerlukan pengunjung. Karena itu, jangan lupa untuk membagikannya ke seluruh dunia. Simpan dan salin tautan Steller Anda kemudian bagikan di seluruh jejaring sosial yang Anda miliki.

Sampai di sini, apakah sudah ada gambaran mengenai proyek yang akan Anda kerjakan di Steller? Jika masih mengalami kesulitan, maka berikut ini beberapa ide aktivitas yang bisa diabadikan fotonya dan kemudian diunggah ke Steller. Ide-ide tersebut saya dapatkan dari sini.

My First Story
https://steller.co/s/5ayNtzxeTKc
  1. Dokumentasikan berbagai macam event di sekitar tempat tinggal Anda.
  2. Rekamlah kegiatan pameran yang baru saja Anda kunjungi
  3. Rekam kejadian yang terjadi dalam waktu singkat, misalnya saja proses memasak menu kegemaran Anda.
  4. Rekam kejadian yang membutuhkan waktu yang panjang, sebagai contoh adalah pembangunan satu gedung atau perkembangan buah hati Anda.
  5. Foto berbagai aktivitas Anda dalam satu hari, abadikan satu hari yang sangat berarti bagi Anda itu mulai dari pagi hingga malam hari.
  6. Anda ingin menyadarkan atau mengangkat satu persoalan untuk mendapatkan pihak lain, maka bisa jadi memotret demonstrasi adalah satu ide yang menarik.
  7. Ide-ide lain misalnya berbagai hal yang Anda temukan sepanjang perjalanan dari rumah ke kantor. Aktivitas tetangga atau kegiatan Anda di sekolah pun bisa jadi sangat menarik untuk diceritakan di Steller.

Setelah membaca berbagi trik tersebut di atas, semoga Anda makin bersemangat untuk memotret dan membuat cerita kemudian mengunggahnya di Steller.

Jika ada yang ingin ditanyakan, maka silakan diisikan di kolom komentar atau berteman dengan saya di jejaring Facebook, Twitter, dan jangan lupa ikuti akun Steller saya.

Terima kasih banyak dan jangan lupa dibagikan ke kolega Anda jika dirasa tulisan ini bermanfaat.

Salam hangat,

Goop


 

4 Replies to “Tips Fotografi Essay dengan Steller”

  1. @Baselo
    Iya katanya, tapi biasanya tidak terlalu lama.
    Melihat antusiasme pengguna di Indonesia, sepertinya Android pun tidak mau ketinggalan.
    Ditunggu aksinya di Steller, mas bro!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *