Kenapa GIS Luar Biasa? 

Setiap orang membutuhkan informasi ‘di mana’. Pada satu berita, harus ada informasi ‘di mana’-nya. Saat ada diskon besar-besaran, perlu informasi ‘di mana’. Ketika ada tempat makan atau ngopi yang baru, maka ‘di mana’ itu pun akan menyeruak.

Setelah informasi ‘di mana’ didapat, maka orang kemudian akan bertanya ‘bagaimana menuju ke sana?’ Ini bisa saja dari rumah, kantor, atau di mana pun posisi Anda saat ini.

Kini, dengan adanya telepon pintar yang sudah dilengkapi dengan GPS, kedua pertanyaan di mana dan bagaimana itu bisa dengan mudah dijawab. GPS yang dibenamkan di telepon pintar sudah sama pentingnya dengan jaringan komunikasi yang ada pada telepon itu sendiri.

Semua hal itu, informasi di mana, bagaimana, begitu juga dengan GPS adalah contoh-contoh pemanfaatan GIS. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi penggunaan GIS dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai sektor.

Populasi penduduk

Sumber: www.petatematikindo.wordpress.com

Dengan GIS informasi persebaran penduduk dapat dengan mudah dilihat. Informasi ini sangat bermanfaat untuk berbagi bidang yang terkait, seperti bisnis, tata ruang, sosial kemasyarakatan, hingga penanggulangan bencana.

Bisnis

Sumber: http://www.franchiseopportunitiesjournal.com

Dengan bantuan berbagai perangkat, data, dan informasi yang tergabung dalam satu sistem GIS, maka bisa jadi bisnis Anda akan lebih berhasil. Ini berkaitan dengan poin sebelumnya mengenai populasi penduduk. Sebagai contoh, Anda membuka toko tentu harus memilih lokasi yang pasarnya bagus, misalnya lokasi dengan kepadatan penduduk tinggi. Sebaliknya, saat Anda membangun peternakan, tentu dipilih lokasi yang jauh dari permukiman, namun dekat dengan sungai atau jalan. Nah, GIS dapat membantu Anda dalam pemilihan lokasi semacam ini.

Perencanaan

Sumber: http://denpasarkota.go.id

Perencanaan di sini bisa berupa tata ruang, penggunaan lahan, atau pun infrastruktur. Barangkali Anda sering merasa ada yang keliru dengan penataan ruang di satu kota. Misalnya saja di bagian tertentu terlalu banyak pertokoan besar yang berdampingan dengan pasar tradisional dan terminal. Seandainya GIS digunakan dalam perencanaan kota, maka keruwetan semacam itu bisa dihindari. GIS akan memperlihatkan areal kota secara keseluruhan, kemudian menginformasikan di mana lokasi pasar, terminal, stasiun, pertokoan, dan lain-lain. Selanjutnya, perencana tinggal menentukan, mengarahkan, melarang, mengatur dan menata ruang-ruang lain di kota itu agar perkembangannya seimbang.

Penanggulangan Bencana

Sumber: http://geospasial.bnpb.go.id

GIS sangat membantu institusi yang berkepentingan untuk menyelenggarakan upaya penanggulangan bencana. Semua tahap dalam ‘lingkaran penanggulangan bencana’ yang terdiri dari tahap pra, saat, dan pasca bencana dapat medayagunakan kecanggihan GIS. Sistem ini membantu untuk melakukan monitoring (pengawasan) untuk mitigasi bencana, memetakan dampak bencana, hingga menghitung kerugian setelah bencana terjadi.

Selain berbagai manfaat GIS yang telah disebutkan di atas, masih banyak kegunaan lain dari sistem yang luar biasa ini. Sebagai contoh dalam bidang pertanian, kriminalitas, perhubungan, penelitian, dan masih banyak lagi.

2 Replies to “Kenapa GIS Luar Biasa? ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *