Perjalanan: Akomodasi di Canberra

The_Sharing_House_logo

Boleh percaya atau tidak, namun sepertinya banyak orang di sini menganut hidup no maden alias berpindah-pindah.

Penyebabnya banyak, seperti mencari lokasi yang dekat tempat kerja atau sekolah atau pusat kota. Sebagian orang lain juga mencari hunian yang lebih murah. Aturannya sederhana, semakin dekat ke kota akan semakin mahal.

Saat pertama datang dulu, sudah disediakan akomodasi di dalam kampus. Sebuah rumah yang sudah lengkap dengan berbagai fasilitas mulai dari penghangat ruangan, kasur, selimut, hingga peralatan dapur dan alat makan. Sayangnya, tarif tiap minggu yang AUD$362 sangatlah mahal untuk saya dan bisa menjadi masalah kalau saya tinggal terlalu lama di tempat itu. Di sini saya tinggal selama sepuluh hari.

Setelah sepuluh hari, saya kemudian pindah. Saya kemudian tinggal di shared house. Ini berarti saya berbagi satu rumah dengan empat orang lain. Nah, kebetulan kemarin itu saya berbagi dengan dua orang Australia dan seorang warga negara Prancis. Banyak kisah di shared house ini yang bisa diceritakan kapan-kapan. Di tempat ini, saya tinggal selama 17 hari dan kembali harus pindah. Dari rumah ini, teman-teman yang lain pun juga harus pindah di bulan Juli karena rumah tersebut akan segera dijual.

Sekarang ini saya kembali ke kampus untuk tinggal di salah satu fasilitas akomodasi dalam kampus. Berbeda dengan akomodasi pertama yang rumah dan sudah lengkap berbagai fasilitas, di sini ini kalau di Indonesia padanannya adalah kos-kosan/asrama yang dikelola kampus. Banyak juga nanti sepertinya yang bisa diceritakan di asrama ini.

Hal yang harus diingat untuk menghadapi pola hidup no maden ini adalah: jangan bawa barang terlalu banyak. Usahakan semua barang dari negeri sendiri bisa masuk ke dalam satu koper sehingga memudahkan manakala harus berpindah-pindah.

Selanjutnya, menyangkut koper itu sendiri. Cari koper yang ringan tapi kuat. Ringan ini penting karena saat terbang, Anda memiliki batasan beban yang boleh dibawa yaitu maksimal sekitar 32 kg dan harus membayar untuk setiap kelebihan per kilogramnya. Koper yang ringan menyebabkan Anda bisa membawa lebih banyak barang daripada koper yang terlampau berat.

Selain harus ringan, koper pun harus kuat baik dari sisi bahan maupun roda karena dia diseret-seret ke sana kemari. Sekadar sebagai gambaran, koper harus mampu diseret paling tidak satu kilo meter. Tetapi tenang, Anda dapat memanfaatkan jalur sepeda atau jalan yang halus untuk menyeret koper itu.

Berikut ini beberapa tautan untuk membantu mencari pondokan, entah itu untuk sewa rumah atau sekadar ruang dan Anda berbagi dengan orang lain.

1. Gumtree: http://www.gumtree.com.au

2. Flatmates: https://flatmates.com.au

3. Allhomes: http://www.allhomes.com.au

Tulisan lain mengenai Canberra antara lain adalah:

1. Demonstrasi di Canberra

2. Transportasi di Canberra

Sumber gambar dari sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *