Kiat: Merawat Arloji

arloji_kunoBerikut cara merawat arloji kesayangan Anda.

Penggunaan

Pastikan bagian belakang arloji yang selalu bersentuhan dengan kulit tangan tetap kering. Sebab, air keringat dapat menimbulkan karat dan kelapukan untuk jam tangan berbahan karet atau kulit.

Hindari pengunaan jam tangan terlalu kencang karena akan dapat menyebabkan  kondisi lembab dan rasa tak nyaman pada pergelangan tangan. Jagalah pula arloji Anda jangan sampai terjatuh karena dapat memengaruhi komponen-komponen lain di dalamnya.

Penyimpanan

Jam tangan sebaiknya jangan diletakkan begitu saja. Gunakanlah kotak khusus agar jam terhindar dari kelembaban.  Selain itu, jam hendaknya dijauhkan dari medan magnet yang kuat karena lagi-lagi dapat memengaruhi komponen di dalamhya. Medan magnet yang kuat di antaranya bisa karena televisi, pengeras suara atau mesin pendingin

Servis

Bila terjadi kerusakan pada arloji Anda, datanglah ke lokasi servis yang terpercaya sesuai merk jam tangan Anda. Saya pernah mengalami kerusakan lebih parah, padahal niat awal cuma mau mengganti baterai di tukang reparasi jam pinggir jalan.

Perawatan

Apabila Anda memiliki jam tangan berbahan stailess steel, agar tetap mengilap lakukanlah perawatan berkala. Bersihkan rantai jam dengan air hangat dan sikat dengan sikat gigi bertekstur lembut. Sementata itu, untuk strap berbahan kulit atau karet dapat dibersihkan dengan kain kering berbahan katun.

Sumber gambar

Tulisan ini diringkas dari Klasika di Koran Kompas menggunakan SAMSUNG Galaxy Tab 2 7.0 Espresso 16GB – Silver [GT-P3100TSEXSE]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: