Kiat: Penyebab Polusi di Dalam Rumah

Selain polusi di jalan raya, rupanya polusi juga terjadi di dalam rumah kita. Berikut beberapa penyebabnya:

Asap Rokok

Partikel yang keluar dari rokok mengandung karsinogenik, penyebab kanker. Bahkan, asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan yang membuat iritasi mata dan pernapasan.

Asap knalpot kendaraan

Biasanya karena ketidaksadaran pada saat menyalakan kendaraan di garasi. Salah satu gas berbahaya dari kendaraan adalah karbon monoksida (CO). Di dalam darah, hemoglobin akan mengikat CO lebih cepat daripada O2. Akibatnya darah dalam tubuh kita akan kekurangan O2 dan lama-lama dapat merusak organ tubuh terutama organ pernapasan.

Asap dari dapur

Bahan ini dapat membahayakan kesehatan jika asap kompor tidak bersirkulasi melalui ventilasi.

Bahan kimia

Pewangi ruangan, kamar mandi, dan telepon umumnya menggunakan berbagai macam bahan kimia. Tak jarang, bau tersebut kita cium dan begitu menusuk hidung, sehingga menyebabkan kepala menjadi pening.

Selain itu, polusi juga bisa terjadi karena racun pada serangga pada obat yang disemprotkan, elektrik, maupun dibakar. Tanaman pun apabila terlampau lama tidak dikeluarkan dari ruangan pada malam hari juga mengeluarkan karbon dioksida yang mengurangi asupan oksigen.

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur Klasika di Koran Kompas, 06 September 2012, ‘Hindari Polusi Udara di Dalam Rumah’.

Sumber gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: