Kiat: Memasang Pagar

Saya beruntung kiranya tinggal di kontrakan yang dilengkapi dengan pagar. Di Jakarta, di mana keamanan menjadi barang mahal, maka pagar pun menjadi keniscayaan.

Sebenarnya saya penasaran, kalau di perumahan tipe cluster apakah juga terdapat pagar di tiap-tiap rumah, ataukah cukup pagar keliling kompleks?

Sebenarnya, bagaimana memilih pagar yang paling pas untuk rumah kita?

Rupanya faktor keamanan memang menjadi alasan utama adanya pagar di sekeliling rumah kita. Sampai-sampai muncul suatu anggapan, bahwa semakin tinggi dan kokoh pagar, maka semakin aman rumah kita. Namun, pemahaman tersebut rupanya juga menimbulkan dampak negatif, yaitu kesan “sombong” dan angker.

Selain faktor keamanan, manakala akan memasang pagar rumah, Anda mesti jeli dalam memutuskan jenis pagar apa yang akan dipasang. Jika pagar tak sesuai dengan kondisi rumah, justru dapat merusak penampilan secara keseluruhan. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan saat Anda memilih pagar.

Pertama, perhatikanlah bahan dasar dari pagar yang Anda pilih. Bahan dasar tersebut bisa berupa kayu, logam, batu, bahkan tanaman. Penentuan jenis bahan pagar juga hendaknya memperhatikan model rumah Anda. Hal yang perlu diingat adalah, perlu adanya keserasian antara pagar dengan rumah, sehingga bisa menimbulkan keindahan.

Kedua, pilihlah desain yang cocok dengan tipe rumah Anda. Sekarang ini banyak tersedia berbagai pilihan pagar, mulai dari klasik hingga modern. Contohnya, jika rumah Anda tipenya minimalis, maka bisa memilih pagar dengan desain lurus. Sementara pagar berlekuk, biasanya digunakan untuk rumah yang bergaya klasik.

Ketiga, pertimbangkan tinggi rendahnya pagar yang akan digunakan. Pertimbangannya adalah lingkungan sekitar. Sebaiknya terlebih dahulu dikumpulkan informasi mengenai kondisi keamanan lingkungan sekitar rumah Anda. Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan dengan pagar tetangga di kanan kiri. Namun, lagi-lagi karena alasan keamanan, tak ada salahnya membangun pagar yang cukup tinggi.

Keempat, pagar ibarat garda terdepan dari sebuah rumah. Oleh karena itu, perlu dibuat pagar yang menarik. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan pengecatan pada pagar. Namun, harap dipertimbangkan kesesuian warna cat dengan warna rumah, tipe, dan warna tembok depan secara keseluruhan.

Hmmm… sudah mulai ada gambaran pagar seperti apa yang akan Anda pasang di rumah?

Tulisan ini adalah ringkasan artikel di fitur Klasika Koran Kompas dengan judul ‘Meracik Pagar Sesuai Tipe Rumah’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: