Kiat: Merawat Velg Mobil

Apakah mobil Anda menggunakan velg variasi atau standar bawaan pabrik, ada baiknya selalu dijaga dan dirawat agar kondisinya tetap baik, bukan? Nah, beruntunglah saya, kendati belum memiliki mobil, namun sudah menemukan artikel mengenai merawat velg. Saya kira pada saatnya nanti artikel ini pasti akan berguna bagi saya dan semoga juga bagi Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat velg:

Semprot velg dengan air bertekanan, bersihkan dengan sabun, dan bilas. Gunakan sikat gigi bekas untuk membantu menghilangkan kotoran pada bagian pinggir dan lekukan velg. Setelah mengeringkan dengan kain lap halus, velg yang utuh perlu dipoles untuk mengembalikan kilaunya.

Jangan mudah memutuskan untuk menggosok velg dengan bahan kimia yang memiliki daya abrasif tinggi. Bila itu dilakukan, velg aluminium justru tak bakal kinclong, walaupun beberapa flek bisa segera hilang dengan hanya beberapa kali usap.

Bila velg kehilangan lapisan antikarat, Anda boleh membersihkan permukaan velg dengan senyawa kimia seperti compound atau mag wheel polish. Setelah bersih, idealnya velg jenis ini Anda lapisi dengan cat baru setelah diampelas rata pada seluruh permukaan.

Untuk velg yang tidak dilapisi antikarat, disarankan untuk segera menutupinya dengan cat baru, lengkap dengan lapisan vernisnya. Ini penting karena tingkat korositas akibat serangan garam dan kelembapan jalanan akan semakin tinggi terutama di musim hujan.

Bersihkan sisi dalam velg karena bagian ini sering luput. Endapan kotoran di bagian ini—khususnya akibat proses kerja rangkaian rem—biasanya lebih bersifat korosif. Kotoran yang menempel di sisi ini biasanya juga lebih sukar dibersihkan karena velg aluminium lebih rentan terhadap serangan “remah-remah” logam lain.

Sisi dalam velg lebih baik dilapisi cat antikarat supaya kerusakan yang mungkin terjadi dapat segera dihindari.

Sudahkah Anda mengecek bagaimana kondisi velg Anda hari ini?

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur Klasika di Koran Kompas berjudul ‘Merawat Velg’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: