Kiat: Menentukan Tempat Resepsi

Sebentar lagi kita semua akan memasuki bulan ‘Besar’ dalam kalender Jawa. Pada saat itu banyak sekali resepsi pernikahan akan digelar. Nah, barangkali Anda sedang menyiapkan pernikahan, maka persoalan tempat resepsi hendaknya menjadi perhatian.

Selain tempat, tentu saja banyak sekali yang harus dipikirkan oleh calon pengantin. Di antaranya: Bagaimana dekorasinya? Apa makanan yang akan disajikan? Bagaimana bentuk undangan? Siapa saja yang akan diundang? Hah… banyak, bukan, pernak pernik yang harus disiapkan?

Sekadar untuk membantu menentukan tempat pernikahan, maka barangkali ada baiknya Anda mempertimbangkan di mana lokasi pernikahan akan digelar. Lokasi yang strategis dengan fasilitas pendukung yang memadai tentu akan mempermudah pekerjaan penyelenggara, termasuk Anda dan juga handai taulan atau pun tamu undangan yang akan datang.

Pemilihan venue juga akan menentukan makanan apa yang nantinya akan disajikan. Gedung-gedung serbaguna umumnya telah menjalin kerja sama dengan beberapa vendor katering untuk memberi fleksibilitas pilihan menu sekaligus gaya dekorasi yang diinginkan sesuai tema kedua mempelai.

Ada baiknya Anda lebih banyak menggali informasi tentang suatu gedung calon tempat resepsi nanti. Sangat menguntungkan apabila dari pihak gedung berkenan untuk mengundang Anda ke sebuah resepsi lain guna mencicipi makanan, serta melihat dekorasi di gedung tersebut.

Terkadang pengantin tak memiliki kelonggaran waktu semacam itu. Pada kondisi demikian, Anda bisa mengambil jalur cepat, yaitu dengan membidik tempat yang fasilitas kateringnya sudah menjadi bagian dari paket utama. Hal ini biasanya diterapkan untuk penyewaan ruangan di sebuah hotel yang kualitasnya bisa diketahui lebih mudah.

Sudah siap menggelar resepsi? Jangan ditunda-tunda lagi, keburu pasangan disambar orang, hehehe.

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur Klasika di Koran Kompas yang berjudul ‘”Venue”, si Penentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *