Kiat: Merawat Tas

Siapa yang tak ingin menjadi seorang backpacker? Kelihatan keren, bukan? Hobi jalan-jalan, mengunjungi tempat-tempat yang tak semua orang berkesempatan ke sana. Berpose di sana untuk kemudian memamerkan foto-foto. Aih, barangkali sekarang ini semua ingin menjadi seorang backpacker.

Tas, terutama yang berjenis ransel atau backpack adalah senjata utama seorang backpacker. Tanpa tas jenis ini, barangkali tak akan ada backpacker.

Tas ransel dipilih karena ukuran yang relatif besar dan kenyamanan yang diperoleh saat tas jenis ini digunakan. Perkembangan selanjutnya yang terjadi adalah, tak hanya seorang backpacker yang menggunakan tas jenis ini. Pegawai kantoran pun nyaman menggendong tas jenis ini karena bisa memenuhi kebutuhan mereka.

Guna menjaga penampilan dan performa tas ransel kita, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

Menjaga kebersihannya, yakni dengan menggunakan kain yang lembab atau sedikit basah. Ini adalah langkah yang paling sederhana untuk menjaga kebersihan tas ransel kita. Langkah ini bisa dilakukan pada semua bahan tas baik itu nilon, kain biasa, bahan parasit atau plastik.

Seperti halnya pakaian, karena dipakai barangkali di tempat yang aneh-aneh, maka tak jarang ada kotoran yang membandel. Apabila menghadapi hal ini, maka yang dapat dilakukan adalah menggosoknya dengan sikat lembut yang sebelumnya dicelupkan air sabun dan kemudian dijemur selama beberapa menit. Catatan khusus untuk tas berbahan nilon yang bagian bodi dan tali umumnya diisi dengan busa. Pada jenis ini, diharapkan untuk tidak mencuci tas dengan cara merendamnya di air sabun dan menjemurnya dalam waktu lama. Merendam tas yang terlampau lama dikhawatirkan akan membuat bisa menjadi kempis dan merusak lapisan antiair yang ada di bagian dalam tas.

Beberapa tas juga dilengkapi dengan bahan yang dapat memantulkan cahaya. Bahan ini akan mudah mengelupas apabila digosok terlampau keras. Oleh karena itu, jaga bagian ini baik-baik karena sangat berguna pada malam hari, teruatama bagi pengendara sepeda motor.

Bagaimana jika tas kita terkena hujan? Jangan khawatir, karena kita hanya perlu melakukan hal berikut ini. Pertama segera keringkan di bawah sinar matahari untuk menghidari tumbuhnya jamur. Selain itu, saat bepergian, selalu lengkapi tas dengan cover khusus yang terbuat dari bahan parasit dan banyak dijumpai di pasaran. Penggunaan cover juga bermanfaat untuk menghindarkan tas dan barang-barang di dalamnya dari tangan-tangan jahil.

Guna menjaga keawetan tas kita, hendaknya jangan menyimpannya di tempat yang lembab. Selain itu, janganlah membawa beban yang terlampau berat karena dapat merusak struktur jahitan.

Silakan lihat kembali tas yang digunakan untuk jalan-jalan kita. Apabila kotor, barangkali sudah waktunya dicuci. Saat kering nanti, siap digunakan dan selamat berjalan-jalan.

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur klasika di Koran Kompas, tanggal 07 Agustus 2012 berjudul ‘Merawat Tas Ransel’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *