Kiat: Bekerja di Cubicle

Ide awal penggunaan cubicle adalah agar bisa menciptakan ruang-ruang privat, makanya antara satu pekerja dengan pekerja lain dipisahkan ke dalam cubicle terpisah-pisah. Cubicle seseorang kemudian menjadi semacam rumah bagi orang tersebut. Di sana ia akan menaruh barang-barang pribadinya, menempel memo, atau mendekornya sesuai dengan seleranya. Cubicle juga bisa menjaga konsentrasi pekerja agar terus terjaga, sehingga pekerjaan bisa selesai dengan baik.

Selanjutnya perlu diidentifikasi apa gangguan yang mungkin timbul seiring penggunaan cubicle. Jenis gangguan yang paliing utama adalah suara. Jarak tempat duduk yang dekat memungkinkan rekan meja sebelah mendengar suara-suara yang kita timbulkan. Sementara di sisi lain tidak semua orang suka mendengar suara keras dan lebih menyukai suasana tenang pada saat bekerja.

Agar tidak mengganggu suasana sekitar, kita dapat memanfaatkan telepon internal untuk berkomunikasi jika hendak mengajak berbicara dengan rekan lain. Selain itu, dapat juga menggunakan aplikasi online chatting yang saat ini sudah familiar digunakan oleh sebagian besar orang.

Suara juga mungkin timbul dari barang pribadi kita. Oleh karena itu, hendaknya diatur nada dering ponsel kita, atau setting saja dalam keadaan silent. Apabila kita hobi mendengarkan musik, maka bisa menggunakan earphone.

Di bagian awal sudah disebutkan bahwa cubicle menjadi semacam ‘rumah’ kedua bagi seorang pekerja. Di sana cublicle menjadi ruang pribadi seseorang. Oleh karena itu, saat ingin menggunakan barang orang lain, hendaknya jangan sampai lupa untuk meminta izin terlebih dahulu. Selain itu, apabila telah selesai menggunakan barang tersebut, jangan lupa untuk mengembalikan ke tempat semula tanpa mengubah posisi benda lainnya.

Nah, sudah siap bekerja di cubicle? Selamat bekerja 😀

Tulisan ini adalah rangkuman dari artikel di fitur Klasika Kompas berjudul Etika Bekerja di Balik “Cubicle”.

Gambar dari sini

2 Replies to “Kiat: Bekerja di Cubicle”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *