Kiat: Hilangkan Penat Saat Bekerja

Saya termasuk orang yang susah pindah apabila sudah berada di depan komputer. Entah itu untuk bekerja, browsing, atau kegiatan lain. Nah, terkadang saya lupa bergerak, tahu-tahu bahu, lengan, leher, dan mata jenuh. Kepenatan tersebut ternyata bisa dihilangkan dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Melakukan relaksasi untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Relaksasi tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan sederhana, seperti menggerak-gerakkan tangan atau memutar badan ke kanan dan kiri. Kalau ada teman yang bersedia, maka boleh juga ia diminta tolong untuk memijat leher dan punggung.

Kalau kita terlampau asyik bekerja, maka browsing bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan. Pada saat kita menjelajahi internet, maka tak jarang kita menemukan ide baru yang bersangkutan dengan pekerjaan.

Selain itu, kejenuhan dapat dihilangkan dengan membaca buku, majalah, atau koran. Kendati masih di depan komputer, namun permainan yang ada di sana bisa coba dimainkan, sehingga pikiran kita segar kembali. Semua aktivitas di luar pekerjaan tersebut dilakukan agar pikiran kita jernih kembali. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai kita lupa waktu gara-gara keasyikan berselancar di internet, membaca majalah, atau bahkan main game.

Terkadang karena keasyikan duduk, maka tak jarang kita melupakan teman kerja. Oleh karena itu, sapalah dia dan pada saat yang sama kita pun bergerak. Lalu, ajak juga minum kopi atau makan cemilan di kantin.

Secara tak sadar, pada saat kita mengambil air wudhu ternyata pada saat itu juga kita menyegarkan pikiran dan menghilangkan kejenuhan. Ahay, rupanya beribadah tepat waktu ada juga manfaatnya untuk kita. Hehe.

Sudah, ah, saya sudah mulai penat, mau jalan-jalan dan minum kopi dulu 😀

Terima kasih sudah membaca.

Tulisan ini adalah rangkuman dari artikel di fitur Klasika tanggal 07 Agustus 2012 berjudul ‘Atasi Penat dalam Bekerja’

Gambar meminjam dari sini

[adsenseyu1]

2 Responses

  1. Waaahhh.. Thanks infonya.. Iya kadang kerja di depan komputer suka lupa.. Oh iya tadi hbs baca info dari @blogdokter utk mencegah kelelahan mata bs pake hukum 20: break setiap 20 menit dg memandang obyek sejauh 20m selama 20 detik :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: