Kiat: Sukses Bekerja

Setiap orang tentu menginginkan kesuksesan dalam bekerja, bukan? Beberapa hal berikut barangkali bisa dilakukan agar Anda sukses dalam bekerja.

Pertama adalah dengan menjalin hubungan baik terutama dengan rekan sekerja. Hal ini mutlak diperlukan agar kita lebih mudah dalam bekerja sama dengan orang lain. Hasil akhirnya tentu pekerjaan kita akan selesai dengan baik.

Dalam hubungan antar personil tentu konflik kerap terjadi. Konflik yang terjadi bisa terbuka atau tertutup. Akibat dari konflik yang paling berbahaya adalah bisa berpengaruh pada performa kerja. Oleh karena itu, hubungan dengan rekan sekerja harus senantiasa dijaga terutama apabila pekerjaan kita menuntut kerja sama tim.

Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja? Jawabannya adalah pada bagaimana kita memperlakukan teman kerja kita. Lakukanlah hal sederhana seperti mengucapkan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ setiap kali kita membutuhkan bantuan dari teman kerja.

‘Tolong’ dan ‘terima kasih’ pada saat yang sama membuat kita tidak menimbulkan kesan bersikap seperti atasan. Apa lagi kalau kedudukan kita sejajar dengan teman yang kita minta pertolongannya. Namun, biarpun kita menjadi seorang atasan, maka tetap saja perlu meminta tolong dan berterima kasih karena itu bentuk penghargaan kepada bawahan.

Apabila dalam suatu tim telah dilakukan pembagian kerja, maka hendaknya tugas dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dengan demikian, akan menghindarkan kita dari kemungkinan membebani teman kerja dengan tugas yang semestinya tidak dilakukannya. Bukankah kita pun enggan kalau harus mengerjakan pekerjaan yang sudah menjadi jatah orang lain?

Biarpun begitu, barangkali satu saat kita tetap membutuhkan bantuan teman. Nah, kalau hal ini sampai terjadi, maka ada baiknya tidak melupakan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’.

Bagaimana kalau ada teman yang bandel dan senantiasa membebani kita?

Jalan yang bisa ditempuh adalah dengan berbicara baik-baik kepadanya untuk mencari jalan keluar. Sebisa mungkin jangan sampai menyimpan kesal di dalam hati. Namun, apabila hal tersebut tidak mungkin dilakukan, maka perlu melibatkan atasan. Mintalah saran kepada beliau agar pekerjaan bisa selesai dengan baik.

Terakhir, hubungan dengan rekan kerja terkadang bisa lebih dari sahabat. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam memilah hubungan antara bekerja dan berteman demi menjaga profesionalitas. Dalam curhat kepada rekan kerja juga sebaiknya berhati-hati, jangan sampai berlanjut ke hal lain, bukan? Hehe.

Tulisan ini adalah rangkuman artikel dari fitur Klasika di Kompas berjudul ‘Penentu Kesuksesan dalam Bekerja’, Kompas, 03 Agustus 2012.

Sumber gambar dari sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: