Wisata: Cianjur

Cianjur berasal dari kata ‘ci’ dan ‘manjur’. Artinya air yang manjur. Benarkah air di sana manjur?

Begitulah adanya bila melihat tanahnya yang subur. Air nan manjur itu telah mengubah tanah menjadi sawah dengan padi-padinya yang berdiri gagah.

Di bagian utara Cianjur, terdapat Gunung Gede. Sebuah gunung berapi yang sedang istirahat walaupun tetap masih aktif. Hal ini dibuktikan dari sebuah daerah di sisi utara itu, Cipanas, artinya air yang panas.

Cipanas menawarkan kesejukan bagi pelancong. Tawaran ini pun disambut antusias oleh wisatawan yang datang bertandang. Bahkan, sebuah istana presiden pun terletak di sana, tempat presiden berpakansai, merenungi keadaan negeri.

Cianjur adalah bukti nyata pernyataan MAW Brouwer yang berkata, “Tuhan sedang tersenyum saat menciptakan tanah Pasundan.” Maka, lihatlah bukit-bukitnya, telusuri jalanan tanah kadang berbatunya, masuki permukiman-permukimannya dan temukanlah hal-hal berikut ini: hutan yang masih perawan, tempat tumbuh hewan dan aneka tanaman. Gadis-gadis yang tersenyum dengan pipi kemerahan. Dan sawah yang berjajar berundak dengan padi tertiup angin yang bergerak-gerak.

Hei, rupanya bukan hanya itu. Ada pula hal lain yang bisa kau temukan di Cianjur Selatan, kawan. Memang jalan menuju ke sana berkelok-berliku mengaduk isi perut yang tak kukuh. Namun hamparan pohon teh, hutan yang berselang-seling dengan permukiman, air terjun yang jatuh di bebatuan, dapat kau temukan sepanjang jalan.

Dan pantai di selatan itu, cobalah kau datang ke sana. Temukanlah hamparan pasir yang menunggu disapa kulit kakimu. Dengarlah pula bunyi syahdu ombak yang menderu.

Semua bisa kau nikmati sendiri karena semua memang masih sepi, belum banyak yang tahu keelokan alam yang ditawarkan di sini.

Adalah Sindangbarang namanya, sebuah kecamatan yang lengang di ujung selatan Cianjur. Di sinilah pantai itu berada. Nikmatilah pesonanya, cobalah bermalam di sana. Lalu… rasakanlah hening pagi, aroma laut yang wangi dan terik sinar mentari. Mohon jangan lupakan pula, malamnya yang sepi akan mengantarmu tidur bertandang ke alam mimpi.

3 Replies to “Wisata: Cianjur”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *